post

Sepak Bola Indonesia Sangat Kotor Serta Penuh Kekerasan

Pelatih sepak bola Indonesia Persib Bandung, Mario Gomez, mengajak seluruh pelaku sepak bola Indonesia untuk bersih-bersih. Menurut Gomez, sepak bola Indonesia sangat kotor. “Bagi saya kita harus bermain secara bersih, jika saya melihat di Argentina, sepak bola dijalankan dengan baik.

Tapi di sini sebaliknya, sepak bola sangat kotor di Indonesia,” ujar Gomez setelah pertandingan Persib Bandung Vs Madura United di Stadion Batakan, Balikpapan, Selasa (9/10/2018). Gomez mengatakan, masa depan anak-anak yang ingin meraih mimpi menjadi pesepak bola profresional akan terenggut jika situsasi ini tak teratasi.

Mantan asisten Hector Cuper kala membesut Valencia dan Inter Milan ini menyarankan agar melawan orang-orang yang ingin merusak sepak bola Indonesia. “Jika negara kalian, Indonesia, ingin menjadikan sepakbola lebih baik, kalian harus melawan hal seperti ini. Jangan menjadi teman dari mereka, tapi lawan orang-orang kotor ini. Jika ingin perubahan, kalian harus melawan terhadap mereka,” kata Gomez.

Media Italia Soroti Sepak Bola Indonesia

Satu media massa di Italia, Corriere Dello Sport melaporkan tentang bobroknya sepak bola Indonesia. Dalam artikel berbahasa Italia tersebut, Pelatih Persib Bandung Mario Gomez, menjelaskan  kondisi sepak bola Indonesia yang penuh kekerasan dan korupsi.

“Indonesia adalah tempat yang sangat bagus, tetapi  situasinya sangat tidak mudah,” ujar pelatih asal Argentina itu seperti dikutip dari Corriere Dello Sport. Berjudul “Kekerasan dan korupsi di Sepak Bola Indonesia”, artikel itu juga menjelaskan bahwa ada empat tim yang diduga terlibat dalam ‘permainan’ untuk menjadi juara Liga 1. Empat tim itu adalah Persija Jakarta, Bhayangkara FC, Arema FC, dan Madura United. Selain itu, Persib yang saat ini tengah berada di puncak klasemen akan terus diganggu dengan sanksi yang bahkan tak bisa melakukan pembelaan.

Gomez sebagai narasumber dalam artikel ini juga membeberkan bahwa kondisi  sangat buruk. Pada saat  pertandingan Arema FC Vs Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang begitu menakutkan. Kala itu, ribuan Aremania turun ke lapangan saat pertandingan sedang berlangsung dan laga pun terpaksa dihentikan.

“Kami takut”, kata Gomez. Meskipun jelas telah terjadi invansi di lapangan pertandingan, tak ada langkah yang diambil oleh federasi atau dalah hal ini PSSI. Artikel ini juga menyoroti meninggalnya Harlingga Sirla yang dikeroyok oleh sejumlah  suporter. Pada pertandingan Persib  Bandung Vs Persija Jakarta di Stadion GBLA, Minggu (23/9/2018). Akmal Marhali, Kooridinator Save Our Soccer menjelaskan ada tujuh orang meninggal dunia dalam bentrok antara Bobotoh dengan Jakmania sejak 2012.